Cara Menjual Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah

Cara Menjual Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah


Menjual bitcoin, mengkonvert atau menukar bitcoin ke rupiah memang tak semudah seperti membeli bitcoin, tetapi kami di sini akan membantu Anda. Tutorial ini akan memberikan Anda semua informasi yang dibutuhkan untuk menarik bitcoin Anda ke rupiah.

Ketika Anda memutuskan untuk menjual bitcoin Anda, pertama-tama pastikan Anda telah memilih metode mana yang terbaik untuk Anda: Menjual bitcoin secara online atau menjual bitcoin ke pada perorangan. Setiap pilihan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Menjual bitcoin secara online


Menjual bitcoin secara online adalah cara yang lebih umum untuk memperdagangkan bitcoin Anda. Berikut adalah tida cara untuk menjual bitcoin secara online:

  1. Cara yang pertama adalah melibatkan perdagangan langsung dengan orang lain, dan perantara memfasilitasi koneksi.
  2. Cara yang kedua adalah melalui exchanger online, dimana perdagangan Anda adalah dengan exchanger dan bukan melalui individu lain.
  3. Pasar perdangan (marketplace) peer-to-peer baru yang memungkinkan pemilik bitcoin untuk mendapatkan barang-barang diskon menggunakan bitcoin mereka melalui orang lain yang ingin mendapatkan cryptocurency dengan kartu kredit / debit. Kedua kelompok disatukan untuk memecahkan kedua masalah dalam pertukaran peer-to-peer.

1. Perdangan Langsung: Situs-situs yang menawarkan jenis stuktur jual meliputi Coinbase dan LocalBitcoins.

Di situs ini, biasanya Anda harus mendaftar sebagai penjual. Ini melibatkan memverifikasi identitas Anda, yang akan kita bahas lagi nanti. Setelah terdaftar, Anda dapat memposting penawaran, menandakan bahwa Anda ingin menjual, dan website akan mengingatkan Anda bila pembeli ingin berdagang dengan Anda. Dari sana, interaksi Anda adalah semata-mata dengan pembeli, tetapi Anda menggunakan situs untuk menyelesaikan perdagangan Anda.

2. Exchage Trade: Cara lain untuk menjual bitcoin adalah mendaftar pada situs exchange. Exchange bertindak sebagai perantara yang memegang dana semua orang.  Anda hanya perlu menempatkan "Order Sell" (Sama seperti ketika Anda menempatkan order buy), tentukan volume (jumlah) dan jenis mata uang yang ingin Anda jual (misalnya bitcoin), dan tentukan harga jual per unit yang Anda inginkan.

Begitu seseorang menempatkan order buy yang cocok, Exchanger akan menyelesaikan transaksi. Kemudian mata uang akan dikreditkan ke akun Anda.

Kelemahan yang menyertai dalam kemudahan transaksi ini adalah, jika Anda menjual bitcoin dengan mata uang flat, Anda akan perlu  untuk menarik dana tersebut ke bank Anda. Jika exchange menghadapi masalah likuiditas atau masalah dengan bank, maka hal tersebut akan membutuhkan banyak waktu untuk menerima dana Anda.

Atau, Anda juga bisa menggunakan pertukaran cryptocurency murni untuk mengubah bitcoin ke cryptocurency lain. Tidak semua orang mau melakukan ini, tetapi ada alasan seperti arbitrase, atau kesempatan langka jika sebuah toko menerima cryptocurency lain, contoh: Bitcoin Shop, selain menerima bitcoin, toko ini juga menerima litcoin dan dogecoin untuk berbagai barang.  

3. Pasar perdagangan peer-to-peer

Sebuah perkembangan baru dalam dunia bitcoin adalah munculnya situs-situs seperti Purse dan Brawker, yang hadir untuk menyatukan dua kelompok orang dengan kebutuhan khusus untuk saling melengkapi.

Kelompok pertama adalah individu yang membutuhkan bitcoin untuk membeli barang dari situs yang belum menerima mata uang digital secara langsung. Yang kedua adalah orang lain yang ingin membeli bitcoin dengan kartu kredit atau debit. Pasara atau marketplace menyatukan individu dengan peryaratan yang cocok untuk menjual bitcoin kepada seseorang secara efektif dan menyediakan barang diskon untuk lainnya.

Marketplace atau pasar bertindak sebagai perantara, menawarkan pengguna platform, wallet bitcoin dan escrow untuk transaksi.


2. Menjual bitcoin secara pribadi


Menjual bitcoin secara pribadi dapat menjadi cara termudah untuk menjual mata uang digital Anda. Cukup pindai kode QR di handphone orang lain dan terima uang tunai Anda adalah transaksi termudah yang bisa Anda lakukan.


Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang ingin membeli bitcoin, prosesnya sederhana. Atur wallet bitcoin Anda, kirim bitcoin kepada mereka, lalu terima uang tunai Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menjual bitcoin secara pribadi. 


Menyepakati harga: Tentukan rate yang cocok untuk Anda
  • Anda bisa melihat rate bitcoin melalui indeks harga bitcoin pada situs CoinDesk.
  • Beberapa penjual menerapkan persentase di atas angka ini untuk menutupi biaya dan sebagai alasan kenyamanan / anonimitas premium.
  • Anda bisa menggunakan aplikasi mobile untuk menghitung harga. aplikasi populer termasuk Zeroblock dan BTCreport.
  • Ini membantu untuk menyadari fluktuasi di harga lokal. Harga dapat bervariasi dari satu negara ke negara, sering berasalasan karena kesulitan dalam memperoleh bitcoin dengan mata uang nasional setempat.
  • Ada banyak bitcoin meetup di seluruh dunia di mana orang yang suka memperdagangankan bitcoin dan cryptocurrencies lainnya melakukan pertemuan.


Tetap prioritaskan keamanan

Usahakan untuk selalu bijaksana ketika membawa sejumlah uang tunai yang besar untuk bertemu di tempat umum, untuk keamanan lebih pergilah dengan teman Anda.


Situ-situs untuk menjual bitcoin di Indonesia


Bitcoin.co.id adalah tempat untuk membeli dan menjual Bitcoin yang terpopuler di Indonesia. Keunggulan situs ini  adalah proses yang cepat, customer service 24 jam, metode pembayaran yang beragam dan prioritas keamanan.


Triv adalah tempat beli dan jual berbagai e-curency, broker secara real time dari 100 bank di Indonesia. Kelebihan situs ini adalah transaksi dapat berlangsung hanya dalam hitungan detik, tanpa jam offline, dan fee yang ringan.

Comments